Hostiles; Pemaafan dan Penyembuhan Luka



Bagaimana menyembuhkan luka yang menganga akibat peristiwa di masa lalu? Bagaimana memadamkan percikan api dendam yang terus membara tiap waktu? Benarkah setiap dendam harus dibalas dengan tuntas?
Masa lalu selalu meninggalkan bekas di dalam diri seseorang, tak peduli ia baik atau buruk. Pengalaman buruk di masa silam terkadang menghadirkan trauma luar biasa. Pernahkah kita mengalami trauma cinta karena ditinggal seorang menikah atau ditinggal selingkuh pasangan? Walau tak berkisah tentang trauma kegagalan cinta, film Hostiles menuntun kita cara memaafkan dan menyembuhkan luka dan trauma masa silam.
source: imdb
Tentu, film ini menyuguhkan tema sarkasme, kekerasan rasial, kekerasan di tanah gersang, adegan polisi mengejar burunon di padang savana, dan lain sebagaimnya ala film western. As simple as that? Saya kira tidak, walau masih mengusung tema kekerasan, tetapi film ini banyak memberikan dimensi lain bagaimana pergulatan psikologi manusia yang didera kejahatan masa silam dan dendam yang harus dibalas tuntas.
 Film ini dibuka dengan adegan pembantaian satu keluarga di Meksiko tahun 1890-an. Satu keluarga; bapak dan anak mati secara tragis. Rasalie Quaid (Rosamund Pike) adalah seorang ibu yang selamat dari adegan pembantaian yang dilakukan oleh sekelompok suku Chomance setelah melalui kejar-kejaran yang menegangkan. Adegan awal telah menyuguhkan ketegangan dan kengerian luar biasa. Wellcome to the western movie, right?
Film pun berganti setting ke Montana, di mana Joseph Blocker (Christian Bale) harus mengawal Yellow Hawk yang menderita penyakit untuk dibawa pulang ke rumah asalnya. Adakalanya, manusia memang tak benar-benar punya pilihan. Ia (terpaksa) memilih, karena keadaan memaksanya untuk memilih. Kondisi inilah yang dialami Joseph Blocker. Ia tidak bisa memilih ketika harus dipaksa mengantarkan keluarga Yellow Hawk ke tanah kelahirannya.
source: imbd
Blocker dan Yellow Hawk adalah representasi. Ia mewakili pendatang dan pribumi sekaligus kapten dan kepala suku Indian. Representasi ini mencerminkan pertentangan luar biasa di dalam diri Blocker. Ia dan Yellow Hawk tidak semata menegaskan identitas diri masing-masing, tetapi nuansa konflik di antara keduanya. Mereka pernah terlibat konflik dan berusaha saling membunuh dalam sebuah pertempuran.
Sementara, di sisi yang berbeda, ada seorang ibu, Raslee Quaid (Rosamund Pike) yang tengah menderita psikis karena tragedi pembunuhan seluruh anggota keluarganya. Ia diserang sekolompok Comanche. Jiwanya yang labil hampir membuatnya gila. Ia selamat, karena ada rombongan Blocker yang melintas di rumahnya.
Dari sini, saya dipertontonkan dengan tragedi demi tragedi hidup yang penuh kegetiran. Blocker dan Hawk Eya, serta Rosalee Quaid mencerminkan sebuah dimensi hidup di mana ia harus berjuang memulihkan rasa sakit, dendam, dan luka yang menganga di dalam diri. Ketiganya pun harus berdamai dengan keadaan untuk sesekali melupakan dendam, rasa sakit dan trauma masa lalu lewat Comanche yang kembali beraksi membunuh salah satu rombongan Blocker.
source: imbd
Film ini memang menghadirkan trauma masa lalu yang konfliktual dan masa depan yang penuh ketidakpastian. Ketiganya harus saling berdamai sejenak untuk menegakkan hukum dan norma. Tetapi, mereka tak benar-benar bisa berdamai dengan masa lalu masing-masing. Ada bayang masa lalu yang tak bisa diselesaikan hanya dengan kerja sama untuk menegakkan norma dan hukum. Blocker dan Yellow Hawk boleh bekerja sama untuk membunuh Comanche dan rombongan penculik keluarganya. Tetapi, rasa sakit, dendam dan trauma masa silam tetap bergemuruh untuk segera dituntaskan.  
Sekilas, film Hostiles memberikan satu dimensi hidup dimana dendam tak selalu harus dituntaskan, seperti rindu atau cinta yang tak selalu berakhir pada pertemuan dan pelaminan. Seperti Blocker dan Yellow Hawk yang memilih melupakan dendam dan konflik masa lalu dengan sebuah pemaafan, dan Rosalee Quaid yang melupakan masa lalu lewat sebuah kerjasama. Atau kita akan mengakhiri kisah ini dengan plot twist; kisah cinta Blocker dan Rosalee Quaid yang terlalu singkat dan tak berakhir bahagia.  

HOSTILES
Genre              : Drama, Action, Western
Produser          : Scott Cooper, Ken Kao, John Lesher
Sutradara         : Scott Cooper
Penulis             : Scott Cooper, Ken Kao, John Lesher
Produksi          : Entertainment Studios
Durasi              : 134 menit

0 Comment "Hostiles; Pemaafan dan Penyembuhan Luka "